Mimpi Anak Berkebutuhan Khusus

Posted on

Mimpi Anak Berkebutuhan Khusus Itu Sederhana…

Apa kalian pernah bertanya kepada mereka yang berkebutuhan khusus akan impiannya? Mereka sangat sadar dengan keterbatasan yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka tidak pernah bermimpi menjadi seorang Dokter, karena anatomi kehidupan sudah mereka pelajari. Mereka tidak pernah bermimpi menjadi seorang Professor, karena filsafat kehidupannya jauh lebih bijaksana dari ilmuwan lainnya. Mereka juga tidak pernah bermimpi menjadi seorang Tentara, karena mereka telah memiliki pertahanan mental yang kuat dalam menjalani kehidupannya.

Lalu apa impian mereka?
Mereka hanya ingin keberadaannya diakui. Mereka ingin kemampuannya dapat bermanfaat. Mereka ingin cita-citanya tidak dibatasi. Mereka ingin orang disayanginya merasa bahagia memiliki mereka. Sederhana bukan? Tapi mengapa kalian memperkecil kemungkinan itu? Dan mengapa kalian merenggut kesempatan itu?
Mimpi sederhana itulah yang membuat mereka sempurna dibalik ketidaksempurnaannya. Mimpi sederhana itulah yang membuat mereka selalu bahagia dengan keterbatasannya. Mimpi sederhana itulah yang membuat mereka tetap tersenyum dibalik kegetiran hidup yang dijalani.

Setelah itu, apa kalian berpikir kalau mereka sunguh tidak beruntung? Tidak, kalian salah. Justru merekalah yang beruntung. Sejak terlahir sebagai anak berkebutuhan khusus, mereka memiliki amanat untuk mengingatkan kalian. Mampukah kalian bersyukur dengan kesempurnaan itu? Mampukah kalian menjadi orang kaya hati dengan kesempurnaan itu? Merekalah yang menyadarkan kalian! Sejak terlahir sebagai anak berkebutuhan khusus, merekalah yang memberikan kalian kesempatan untuk meraih ridho Ilahi. Sanggupkah kalian berbagi hak dengan mereka? Sanggupkah kalian merawat mereka, padahal mereka sangat merepotkan? Merekalah yang memberikan kesempatan itu! Sejak terlahir sebagai anak berkebutuhan khusus, merekalah cerminan amalan kalian. Pernahkah kalian berpikir menjalani hidup seperti mereka? Sanggupkah kalian menjadi mereka? Merekalah yang bersedia jadi cermin untuk kalian!

Setelah itu, apa kalian merasa kagum dengan keberuntungan itu? Tidak, kalian salah. Justru mereka tidak mau dikagumi, karena mereka merasa kalianlah yang pantas dikagumi. Kalianlah yang memberikan kesempatan pendidikan, karena kalian tahu mereka tidak membutuhkan pujian. Kalianlah yang memberikan peluang pekerjaan, karena kalian tahu mereka tidak membutuhkan sanjungan. Kalianlah yang menyayangi mereka dengan sepenuh hati, karena kalian tahu mereka tidak butuh dikasihani. Kalianlah yang memberikan kebebesan mereka untuk bermimpi, karena kalian tahu impian mereka tidak bertepi.

Jika mimpi mereka itu sederhana, sekarang apakah kalian bersedia menyederhanakan pandangan kalian terhadap mereka? Ya, berpikirlah sederhana! karena mereka juga sama seperti kalian, karena mereka memiliki hak yang sama seperti kalian, karena mereka juga berhak dicintai dan mencintai, karena mereka juga mampu bahagia dan merasakan kesedihan, dan karena kalianlah penyempurna dari ketidaksempurnaan mereka.
#Bermimpi sederhana, bukan berarti tidak luar biasa.

3 thoughts on “Mimpi Anak Berkebutuhan Khusus

  1. terkadang saya iri melihat mereka, meskipun mereka berkebutuhan khusus namun mereka punya keinginan dan semangat yang kuat….
    Apakah pemerintah sudah menyiapkan kuota untuk orang berkebutuhan khusu untuk mjd pns ??

    1. Saya berulang kali mendaftar menjadi PNS, bahkan yang terakhir kali saya di tolak padahal tinggal ikut ujian dan sudah mendapat kartu ujiannya. Saya tidak tau harus minta tolong siapa, harus melapor kesiapa, rasanya kuota 2% itu adalah bentuk PHP pemerintah kepada kaum disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *