Pelatihan Layanan Disabilitas

Pelatihan Layanan Penumpang Disabilitas di PT KCI

Posted on

Penyedia transportasi merupakan salah satu dari bentuk layanan publik. Kalau diambil pengertiannya, Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Salah satu jasa penyedia layanan publik dibidang transportasi adalah kereta api

Layanan Penumpang Disabilitas

.

Dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat terutama untuk disabilitas dan lansia, tentunya harus mengetahui caranya. Disabilitas sendiri punya banyak ragamnya, ada disabilitas sensorik yaitu Tuna netra dan tuna rungu wicara, ada disabilitas fisik diantanya karena amputasi tangan atau kaki, lumpuh, stroke, orang kecil. Disabilitas intelektual adalah orang yang mempunyai IQ di bawah rata rata, syndrom down dan yang terakhir adalah disabilitas mental diantara adalah orang gila, shizofernia, bipolar, autis.

layanan publik, pelayanan publik, transportasi, kereta api, pelatihan, layanan transportasi

Adalah PT KCI yang melaksanakan Permenhub No 98 tahun 2017 berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya dengan mengirim sebanyak 35 orang pegawainya sebagai perwakilan yang nantinya akan menularkan pengetahuannya kepada rekan rekan di unit kerjanya masing masing. Dalam acara pelatihan tersebut selain dikenalkan  dengan berbagai ragam disabilitas, para peserta juga mencoba menjadi disabilitas. Dengan menjadi disabilitas, diharapkan mereka bisa merasakan kesulitan apa saja yang dirasakan oleh penyandang disabilitas.

Layanan Penumpang Disabilitas

Sehingga kedepan mereka akan lebih maksimal dalam memberikan layanannya kepada para penumpang termasuk penumpang disabilitas.

Selain mencoba menjadi disabilitas, para peserta juga diberikan cara cara berinterasi dengan para penyandang disabilitas. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berinterasi dengan penyandang disabilitas, sehingga akan tercipta hubungan yang akrab tanpa perlu menyinggung perasaan penyadang disabilitas yang dilayaninya.

Pada sesi terakhir, dilakukan pemetaan mengenai hambatan yang ada di stasiun dan masukkan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Semoga transportasi di Indonesia maskin maju dan makin baik yang bisa dirasakan untuk semua orang termasuk lansia dan penyandang disabilitas

 

disabilitas, penyandang disabilitas, pelatihan, layanan transportasi, layanan publik, pelayanan publik, transportasi, kereta api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *